Kamis, 15 Maret 2012

Tentang Penulis



Salafuddin Abu Sayyid adalah penulis dan penerjemah Arab-Indonesia. Lahir di kota ukir Jepara, Jawa Tengah, 3 September 1971. Pendidikan dasar dan menengah pertamanya ia tempuh di kota kelahirannya, sebelum kemudian menimba ilmu di pesantren modern. Nuansa pesantren inilah yang memberikan warna tersendiri bagi kehidupan intelektualnya, terutama kecintaan dan keakrabannya dengan bahasa Arab dan ilmu-ilmu keislaman, sekalipun kemudian di jenjang pendidikan tinggi ia mengambil jurusan yang berbeda.
Kecintaannya kepada bahasa Arab sudah tertanam sejak belia. Hal itu kemudian dibuktikan dengan melahirkan karya-karya terjemahan dari buku/kitab berbahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia, yang –bahkan- sudah dimulai sejak sebelum duduk di bangku perguruan tinggi. Karya-karya terjemahannya telah diterbitkan oleh belasan penerbit di Indonesia, dan sebagiannya telah diadaptasi ke dalam bahasa Malaysia.
Dunia tulis-menulis dan perbukuan adalah dunia yang sangat akrab dengan kehidupannya. Sejak di bangku SMA, ia sudah akrab sekali dengan dunia yang satu ini, karena ketika itu ia dipercaya menjadi pemimpin redaksi sebuah majalah sekolah/pesantren dan sudah menerjemah buku sejak saat itu pula, di samping -pernah juga- menjadi kaligrafer (khaththath). Karirnya terus berlanjut hingga menjadi editor buku-buku religi islami dan menjadi pemimpin redaksi sebuah penerbit Islam.
Kegiatan yang digeluti saat ini adalah mengajar di Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Isy Karima, Karanganyar, Solo dan menjadi pengurus Yayasan Al-Izzah, Sukoharjo. Di sela-sela kesibukannya, ia terus menerjemahkan kitab-kitab berbahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia dan menulis buku-buku religi islami. Karya terjemahannya hingga kini mencapai 95 (sembilan puluh lima) judul buku. Sedangkan karya tulis yang dihasilkannya  sebanyak 7 (tujuh) buah buku, di antaranya: Surga di Telapak Kaki Bunda (WIP), Happy Ending Dhuha dan Balita pun Hafal Al-Qur’an dan Kuraih Shalat Khusyuk Bersama Nabi (Tinta Medina). 

Kontak yang bisa dihubungi :
·         Email                           :           salafudin@ymail.com
·         Phone                          :           085 22922 2266

Tidak ada komentar:

Posting Komentar